Wajib Pemilik Mobil Tahu Oktan Bahan Bakar Sesuai Standar Pabrikkan

HappyOtomotif - Pemilihan bahan bakar bagi pemilik mobil pribadi tentu harus mengetahui standar rekomendasi dari pabrikan mobil  tersebut. Mana yang benar-benar cocok dan agar tidak merusak performa mesin.

Setiap mesin mobil memiliki desain tersendiri. Masing-masing jenis mesin juga memiliki rekomendasi tertentu untuk bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan berapa yang diwajibkan.

Hal ini yang akan menjadi patokan oleh pemilik mobil saat akan mengisi bahan bakar. BBM di Indonesia umumnya terbagi atas beberapa jenis, dilihat dari nilai oktannya atau RON ( Research Octane Number), mulai dari 88, 90, 92, 95, 98, dan 100.

Namun, yang umum tersedia hanya sampai RON 88, sementara RON 100 biasanya diperuntukkan balap.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, setiap mobil seharusnya mematuhi penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan. Sebab, jika diabaikan, dapat berakibat buruk pada mesin.

"Secara desain, bisa dilihat mobil itu punya perbandingan kompresinya berapa. Dari situ, ditentukanlah minimal oktan yang diperuntukkan mobil tersebut. Harapannya, konsumen dapat mengikuti anjuran," ujar Didi, saat dihubungi, belum lama ini.

Didi menambahkan, penggunaan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat membuat adanya penimbunan kerak karbon di ruang bakar. Hal ini terjadi karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna.

"Proses pembakaran yang tidak sempurna juga akan mengakibatkan terjadinya knocking atau mengelitik," kata Didi.

Didi juga mengatakan, dampak lain dari menggunakan oktan yang rendah dari yang direkomendasikan, dapat membuat tenaga mesin jadi berkurang karena banyak endapan karbon.

Selain itu, bisa juga mengganggu komponen lainnya, seperti injector yang tersumbat dan lainnya. Bila terjadi hal demikian tentunya kita harus mengganti sparepart mobil yang rusak dan harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Jadi segera ganti bahan bakar pada mobil anda sesuai standar pabrikkan mobil yang anda milikki agar terhindar dari hal - hal yang tidak di inginkan.


Poker757 - Agen Bandar66 | Sakong | Capsa Susun | Bandar Poker | BandarQ | AduQ Dengan Win Rate 99% Lebih Dan Menghasilkan Kemenangan TerbanyakLink Alternatif Poker757:

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :
LINE ID poker757 
WHATSAPP +855 1164 5829
WECHAT cspoker757
Hubungi kontak kami :https://linktr.ee/poker757

DOWNLOAD & INSTALL LIVECHAT POKER757 sekarang ada tersedia Aplikasinya ya bossku ^.^

Website Judi Terpercaya 100% Aman Dan Cepat
Untuk Begabung Klik Gambar Di Bawah Ini




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan