Peran Penting Istri sebagai Co-driver Saat Mudik

Happy Otomotif - Mudik bersama keluarga merupakan perjalanan yang penuh cerita dan berkesan. Bagaimana Anda melewatinya dapat menentukan keselamatan dalam mencapai tujuan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan selain kemampuan berkendara adalah situasi penumpang dalam kabin. Untuk suami yang menjadi sopir dan istri berada di sampingnya menjadi hal yang krusial dalam perjalanan.

Saat perjalanan mudik, istri memiliki peran sebagai asisten pengemudi yang mengendalikan mobil. Untuk itu komunikasi keduanya perlu dijaga.

"Jadi co-driver ini biasanya istri, jangan dia memposisikan diri sebagai emak-emak yang cerewet atau men-distract segala macem, tetapi lebih soft," ujar Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat ditemui dalam acara Daihatsu Sahabat Mudik 2019 di Vehicle Logistik Centre PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2019).
Istri haruslah paham kebiasaan berkendara suami dan menghindari hal-hal yang berpotensi mengganggunya mengemudi.

"Artinya dia tahu kondisi suaminya, oh suami gue nggak bisa kagetan, berarti dia harus lakukan soft approach," lanjut Sony. Peran istri pun juga bisa membantu sang suami saat mengemudi  dengan mengajak ngobrol bila melakukan perjalanan jauh.

Tentunya dengan adanya peran istri disamping kemudi untuk menemani sang suami agar tidak mengantuk. Bisa dengan mengajak untuk mengobrol hal-hal yang menarik agar suami saat mengemudi tidak merasa jenuh dan mudah mengantuk. Akan tetapi tidak melakukan hal yang dapat mengganggu konsentrasi suami saat mengemudikan mobil.

Sony melanjutkan co-driver sebaiknya tidak tidur selama perjalanan. Alasannya co-driver berfungsi memandu perjalanan untuk mengingatkan pengemudi waspada.

"Fungsinya kan memandu, mengingatkan pengemudi untuk lebih selamat atau waspada selama perjalanan. Kalau tidur tidak dianjurkan, kalau mau di belakang. Co-driver itu harus selalu waspada sama kaya pengemudi," tegas Sony. 

Dengan ada nya peranan istri menjadi Co-driver tentunya diharapkan bisa menurunkan itensitas kecelakaan hal lalu lintas yang diakibat pengemudi yang mengantuk dan kurang konsentrasi akibat melakukan perjalanan jauh seperti menjelang mudik saat ini.




iniDewa

Link Alternatif Inidewa !!

Download Aplikasi Live Chat INIDEWA :

Hubungi Kontak Kami :

"PROMO BONUS DEPOSIT"
Minimal deposit Rp 25.000 akan mendapatkan bonus sebesar Rp 5.000 Setiap Hari!! 
*Syarat dan ketentuan berlaku.
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :
Bbm : D8975889
Line : inidewa
Wechat : ini_dewa

Whatsapp : +855 956 584 45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan