Perbandingan Bikin Plat Nomor Kendaraan di Samsat Dengan di Pinggir Jalan

HappyOtomotif - Hai para pecinta Happy Otomotif, kali ini kita akan membahas tentang Pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang merupakan atribut resmi yang diterbitkan oleh kepolisian.

Namun memang diketahui untuk saat ini, masih banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih membuat pelat nomor kendaraannya di pinggir jalan di bandingkan di samsat. Beberapa tukang atau ahli dari pembuat pelat nomor pun mengungkapkan ada beberapa alasan orang memilih jasa mereka.

Selain alasannya menghemat biaya dan menghemat waktu tentunya tanpa harus antri, dipinggir jalan bisa buat sebelah saja atau 1 pelat nomor. Sedangkan di Samsat sendiri harus sepasang atau depan belakang.

Tak lepas dari beberapa alasan tersebut, faktor lainnya adalah karena urgent akibat dari pelat nomor jatuh atau patah sehingga pemilik kendaraan lebih memilih yang cepat dan praktis untuk membuat pelat nomornya di pinggir jalan.

Berdasarkan hasil penelusuran dan survei di lokasi pembuatan pelat nomor pinggir jalan. Pembuatan pelat nomor di pinggir jalan mengeluarkan biaya Rp 50 ribu untuk sepasang jika kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empat sepasang dihargai dengan Rp100 ribu sampai Rp 110 ribu.

Kasi STNK Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman menegaskan, pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang 'diterbitkan' di pinggir jalan itu tidak resmi. Seperti yang diketahui memang memilih membuat pelat nomor di pinggir jalan ketika kondisi urgent, misalnya: TNKB hilang.

Sementara bila melakukan prosedur resmi di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), menyebutkan harga nya masih terjangkau. Tarif itu diatur dalam PP No 60 Tahun 2016 Penerimaan Negara Bukan Pajak dan mulai berlaku pada 6 Januari 2016.

"Biaya yang dikeluarkan sesuai PP, sepeda motor itu kan Rp 60 ribu rupiah, mobil Rp 100 ribu. Jadi mau bayar satu atau dua ya biayanya segitu. Itu sepasang tidak dijual terpisah," jelas Arif.

iniDewa
Link Alternatif Inidewa !!

Download Aplikasi Live Chat INIDEWA :

Hubungi Kontak Kami :

"PROMO BONUS DEPOSIT"
Minimal deposit Rp 25.000 akan mendapatkan bonus sebesar Rp 5.000 Setiap Hari!! 
*Syarat dan ketentuan berlaku.
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :

Line : inidewa
Wechat : ini_dewa
Whatsapp : +855 956 584 45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan