Perlunya Merawat Lapisan Krom Motor Setiap hari

HappyOtomotif - Maraknya modifikasi pada motor oleh para bikers,tentunya kita juga harus memikirkan bagaimana cara merawat motor yang sudah mengalami modifikasi cukup banyak.

Tentunya dengan merawat secara khusus pada motor yang sudah di modifikasi, tujuannya adalah tak lain agar motor kita tetap berpenampilan seperti baru dimodifikasi dan tidak merusak bagian yang di modifikasi.

Misalnya seperti modifikasi untuk krom pada beberapa bagian part motor. Krom sendiri sudah banyak diaplikasikan sejak lama pada beberapa bagian part motor bahkan sampai ada yang full krom pada motor.

Lapisan pernekel dan krom merupakan komponen yang rawan terserang karat. Oleh sebab itu perawatannya pun harus ekstra. Motor wajib dalam kondisi bersih setiap saat, supaya korosi enggan menghampiri.

Dijelaskan Kepala Produksi Dahsyat Chrome Nanang, merawat lapisan krom di motor tidak terlalu sulit. Yang penting telaten mengawasi kondisi part-part yang dilaburi lapisan krom.

"Saya rekomendasikan kotoran jangan sampai menempel lebih dari 4 hari. Soalnya kalau lebih dari 4 hari, dia sudah terlalu ngegigit ke part krom, biasanya ini yang akan bikin efek bintik atau mengelupas," kata Nanang ditemui di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Oleh sebab itu, setiap motor habis terkena hujan, lapisan krom wajib dibilas pakai air bersih. Utamanya lapisan krom yang ada di area kaki-kaki, seperti lengan ayun, standar, blok mesin, atau footstep.

"Kalau noda bekas lumpur, disemprot juga hilang. Yang susah itu mungkin bekas tanah campur oli. Saya rekomendasikan bersihkan pakai cairan pencuci piring. Itu ampuh hilangkan kotoran," saran Nanang.

Dari segi perawatan, juga tidak disarankan mengelap lapisan krom menggunakan kain bertekstur kasar. Sebab hal itu akan bikin lapisan krom menjadi baret.

"Sarannya pakai kain yang lembut. Bisa pakai kain yang bahannya mirip pakaian singlet. Selain itu, saat ngelap kalau bisa jangan terlalu ditekan. Ngambang aja," pungkas Nanang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan