Ketahui Musuh Utama Ban Cepat Rusak

HappyOtomotif - Seperti yang diketahui ketika kita mengendarai motor, tentunya tidak selalu melewati jalanan aspal yang mulus atau beton yang bagus. Pastinya kita akan juga melewati jalanan yang berbatuan atau yang berlubang serta terkadang becek banyak tanah dan berpasir.

Hal ini yang sangat kita tidak suka karena harus ekstra hati-hati saat melewati jalanan tersebut karena bisa saja membuat motor kita tergelincir dan jatuh. Ban pun demikian, jika ban dipaksakan untuk sering menghadapi hal tersebut tentunya usia ban pun juga akan berkurang pastinya.

Tekanan angin yang kurang pada ban atau disebut ban kempis akan jadi masalah jika abaikan. Salah satunya timbul peluang untuk pecah ban. Ban merupakan komponen atau peranti pada kendaraan yang langsung bensentuhan dengan permukaan jalan.

Berdasarkan fungsinya yaitu menahan beban, menjaga keseimbangan, serta meyalurkan daya, kinerja ban sangat krusial dan berat. Oleh sebeb itu, penting menjaga kondisi ban agar tetap dalam kondisi prima.

Mengisi ban dengan nitrogen, bisa menjadi alternatif untuk menjaga kondisi ban tetap prima. Sekarang SPBU pun menyediakan mesin pengisian nitrogen, jadi pemotor bisa sekalian isi ban dengan nitrogen di sana.

Tempat pengisian nitrogen bia dtemukan di SPBU Pertamina, BP Castrol, Shell, TOTAL, dan VIVO. Zulpata Zainal, PG-On Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk pada Sabtu (21/09/2019) kasih tahu musuh utama ban.

"Musuh utama ban adalah kurangnya tekanan angin atau kempis. Jika dibiarkan dan tak diperhatikan, dampaknya sangat besar. Performa kendaraan seperti kemampuan menikung, pengereman, sampai pengendaliannya turun drastis," bukanya.

Lalu, konsumsi bahan bakar juga akan semakin boros dan bentuk ban juga akan berubah menjadi sedikit lonjong. “Lebih jauh lagi ban bisa meledak, hal ini dipicu karena ban yang kempis lebih cepat mencapai kondisi fatigue atau kelelahan,” tutupnya.

Pecah ban dapat menyebabkan insiden kecelakaan fatal. Oleh sebab itu penting memastikan tekanan angin agar sesuai dengan saran pabrikan. Sudahkah brother cek kondisi ban motor kesayangan?

IniDewa
Link Alternatif Inidewa !!

Download Aplikasi Live Chat INIDEWA :

Hubungi Kontak Kami :
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :

Line : inidewa
Wechat : ini_dewa
Whatsapp : +855 956 584 45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan