Adakah Cara Khusus Untuk Merawat Sistem ABS Pada Motor?

HappyOtomotif - Pemakaian fitur ABS pada kendaraan motor bukanlah hal baru dikendaraan roda dua. Dulu mungkin sistem ABS kebanyakan di aplikasikan di motor dengan kapasitas mesin 250cc.

Namun semakin berkembangnya jaman dan menjadi salah satu daya tarik untuk konsumen. Apalagi sekarang motor matic kelas 150cc pun sudah mulai menggunakan sistem ABS pada motornya. Salahsatunya adalah motor dari pabrikkan Yamaha yaitu N-MAX.

Beberapa motor berkapasitas mulai dari 150 cc saat ini dibekali sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Dengan adanya fitur ini motor bisa terhindar dari roda mengunci akibat hard braking atau mengerem dalam keadaan panik.

Dengan teknologi canggih tersebut, perlukah perawatan khusus dari sistem pengereman ABS?

Service Advisor JG Motor, Slamet Riyadi mengatakan sebenarnya tidak perlu perawatan khusus, sebab indikator ABS akan menyala bila mengalami gangguan. Namun menurutnya kerusakan bisa saja bila terjadi benturan atau kotoran yang menempel pada sensor kecepatan.

"Kerusakan bisa saja terjadi bila setelah terjadi benturan, lampu indikator ABS akan menyala terus menerus. Bisa jadi karena kotoran yang masuk ke socket ABS," ujar Slamet di Cibinong, Jawa Barat, Rabu (28/8/2019).

Selain itu, Slamet juga mengingatkan jangan sampai cakram atau piringan rem melengkung atau tidak lagi rata. Hal itu akan membuat ABS mengalami gangguan.

"Selain menjaga kebersihan, jaga kondisi kampas remnya jangan sampai habis," ujar Slamet.

Untuk menjaga ketebalan pad set atau kampas rem pemilik motor dapat melihat level permukaan minyak rem apakah sudah menyentuh marking lower atau level paling bawah.

Bila minyak rem sudah menyentuh paling bawah maka pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi dari kampas rem yang sudah habis. Slamet menjelaskan semakin aus kampas rem maka level permukaan minyak rem akan semakin menurun.

"Minyak rem jangan sampai ditambah atau dikurangi, itu untuk indikator kampas rem juga. Kalau sudah tidak kelihatan, kan terlihat dikaca (tabung minyak rem)," kata Slamet. Terakhir Slamet juga menyarankan secara berkala mengganti minyak rem per 15 ribu kilometer agar terhindar dari masuk angin atau angin palsu.

Untuk Para Pecinta Permainan Online Menghasilkan Uang Dengan Mudah
♥ Mau bonus Deposit???
♥ Mau Jackpot nya juga ????
♥ atau mau Bonus Kejutannya ????
♥ Ayo sekarang Kamu Bisa langsung join DI INIDOMINO
♥ Proses Depo/WD Cepat, Aman,Terpercaya, WD berapapun pasti kami bayar!!! hanya di INIDOMINO

♣ Dengan 7 jenis permainan yang diberikan tentu saja pasti membutuhkan nilai DEPO dan WITHDRAW yang tinggi!!
♥ POKER
♥ DOMINO
♥ CEME
♥ CAPSA
♥ CEME KELILING
♥ SUPER TEN
♥ OMAHA
♣ Untuk Informasi Lebih Jelas Silahkan Menghubungi Livechat & Contact Customer Service Kami, Dan Kami Akan Melayani Anda 24 Jam Nonstop

♣ CONTACT PERSON INIDOMINO :

♥ LINE : INIDOMINO
♥ Whats App : +85585849813


♣ LINK ALTERNATIF INIDOMINO

♥ www.inimerah.com
♥ www.4327inid.com
♥ www.inido19.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan