Lebih Baik Menggunakan Rem Depan atau Rem Belakang Pada Motor?

HappyOtomotif - Seperti pada umumnya pada setiap motor pasti di lengkapi dengan rem roda depan dan rem roda belakang. Namun yang menjadi pembahasan kali ini adalah mana yang lebih aman untuk di gunakan. Berikut beberapa penjelasan yang bisa membantu.

 Soal gaya pengereman, pasti setiap bikers punya kebiasaan masing-masing. Beberapa bikers ada yang mengandalkan pengereman dari rem depan. Enggak sedikit juga ada yang menggunakan rem belakang dahulu kemudian rem depan. Nah, kira-kira lebih aman mana sih pengereman dengan rem depan Vs rem belakang?

"Sebenarnya penggunaan rem depan atau rem belakang bergantung pada kondisi jalan," Buka Agus Sani, Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) kepada HappyOtomotif.blogspot.com.

Menurut Agus, penggunaan rem depan atau belakang enggak harus berdasarkan kecepatan. "Kalau jalan yang penuh pasir atau licin itu mau kecepatan pelan pun kalau mengeremnya dengan rem depan pasti akan tergelincir," Kata Agus Sani.

"Nah, apalagi kalau kecepatan tinggi, lebih berbahaya lagi," jelasnya saat dihubungin HappyOtomotif.blogspot.com melalui pesan singkat.

Sebab, umumnya rem depan di motor memiliki kekuatan pengereman yang lebih besar dibanding rem belakang. Rawan tergelincir kalau jalan berpasir mengerem pakai rem depan karena saat motor mengalami pengereman terjadi perpindahan tumpuan beban.

"Secara teorinya kalau kita melakukan pengereman dengan roda depan, titik beban motor akan berada di depan, di roda depan," jelas Agus. "Tapi kalau kondisi jalanan mulus dan enggak licin, baru boleh menggunakan rem depan," tambahnya.

Kemudian kapan kita harus menggunakan rem belakang?

"Rem belakang digunakan saat motor sedang cruising pelan, artinya lagi jalan santai, atau juga lagi terjebak macet, pakai rem belakang aman," pungkasnya. Rem belakang memang tidak memiliki kekuatan sebesar rem depan untuk menghentikan laju motor.

Pabrikan sendiri memang mendesain seperti itu, contoh sederhana yang biasa kita temui adalah spesifikasi rem belakang yang selalu lebih rendah dibanding rem depan.

Jika kalian ingin pengereman yang efektif memang harus melakukan kombinasi antara rem depan dan belakang saat lakukan pengereman. Penggunaan kedua rem secara bersamaan lebih efektif untuk mengurangi kecepatan.

IniDewa
Link Alternatif Inidewa !!

Download Aplikasi Live Chat INIDEWA :

Hubungi Kontak Kami :

"PROMO BONUS DEPOSIT"
Minimal deposit Rp 25.000 akan mendapatkan bonus sebesar Rp 5.000 Setiap Hari!! 
*Syarat dan ketentuan berlaku.
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :

Line : inidewa
Wechat : ini_dewa
Whatsapp : +855 956 584 45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan