Tarikan Motor Terasa Enteng Setelah Dicuci? Ini Alasannya

Happy Oto - Mencuci motor menjadi hal yang wajib dan penting dilakukan secara rutin dalam merawat motor. Selain terlihat bersih tentunya agar motor terhindar dari serangan karat pada bagian-bagian tertentu di motor kita. Tidak hanya mencegah karat, biasanya setelah kita mencuci motor ternyata juga bisa bikin tarikkan motor kita menjadi lebih enteng. Pasti para bikers pernah yang namanya merasakan beda tarikkan sebelum dan sesudah motor dicuci.

Apakah hal tersebut hanya perasaan saja atau benar? Tentunya secara logika bisa saja jadi pengaruhnya. Karena kotoran-kotoran yang menempel menutupi bagian blok mesin dan header knalpot, bisa menghambat pembuangan panas di motor kita. Ujung-ujungnya pengaruh ke performa motor yang tidak bisa maksimal.

Selain mesin, kotoran-kotoran yang menempel di sela-sela komponen motor lainnya juga bisa bikin tarikan motor tidak enak, sehingga ketika kotoran tersebut rontok karena proses pencucian, tarikan motor terasa lebih enteng. Sehingga jika motor kita terlihat sudah kotor berlebihan akibat melewati genangan air atau jalan berlumpur disarankan agar jangan terlalu lama untuk dibersihkan.

Baca juga : 6 Cara Mencuci Mobil Sendiri yang Benar Supaya Kualitas Cat Tetap Terjaga 

Terlebih di saat musim hujan sekarang ini. Kotoran bakal cepat menempel di gir dan rantai motor,disc brake dan juga di sil master rem belakang, sehingga kalo kotoran itu sudah mengering bikin tarikan motor menjadi kurang enak.

Tetapi dalam mencuci motor, bikers juga harus hati-hati. Karena saat mencuci, motor memang boleh dicuci secara detail sampai benar-benar bersih ke sela-sela komponen motor. Tapi perlu diperhatikan lagi, jangan sampai saat mencuci motor kita terlupa pada bagian kelistrikan motor yang jangan sampai terkena air. Karena bila beberapa bagian part kelistrikkan motor terkena air dan mengakibatkan konslet. Tentunya Motor akan mengalami kerusakkan part kelistrikkan dan motor tidak dapat di stater akibat mengalami konslet.

Jadi tidak sekedar bersih secara detail tapi sebagai bikers mencuci motor juga harus diperhatikan mana yang benar-benar harus bagian yang terkena air atau tidak. Karena bila terjadi konslet kelistrikkan pada motor tentunya akan membuat kita mengeluarkan dana berlebih untuk servis.


Salam Happy Oto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan