Mengantuk Dalam Berkendara? Sangat Berbahaya !

Setiap dalam berkendara melakukan perjalanan panjang pasti pernah dialami setiap pengendara. Tentunya kita sebagai pengendara harus bersikap lebih hati-hati. Karena mengantuk dalam berkendara tentunya bisa mengakibatkan kecelakaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain di perjalanan.

Rasa kantuk memang sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan apabila kita berkendara melakukan perjalanan panjang. Kelelahan yang berlebihan membuat rasa kantuk dapat menyerang pengemudi. Disaat rasa mengantuk menyerang memang kita sebagai pengendara lebih disarankan untuk menepi dan beristirahat terlebih dahulu. Karena Obat Kantuk sendiri sebenarnya hanya satu, yaitu beristirahat atau tidur.

Banyak metode-metode yang biasa diterapkan oleh beberapa pengemudi disaat melakukan perjalanan jauh untuk menghilangkan rasa Kantuk di kala menyerang. Berikut beberapa metode yang umumnya dilakukan beberapa pengemudi untuk menghilangkan rasa Kantuk namun cukup ampuh untuk diterapkan.

1. Mencuci Muka dan Kaki
Memang tergolong sederhana, tapi cara ini adalah hal yang paling umum dilakukan kebanyakan pengemudi. Memang melakukan mencuci muka dan kaki dapat membantu untuk menyegarkan beberapa saat saat rasa Kantuk itu menyerang.

2. Memakan cemilan
Hal ini juga termasuk salah satu cara yang cukup ampuh. Seperti memakan cemilan atau biasanya kebanyakkan orang menghisap permen karet atau permen rasa Mint. Tujuannya tak lain supaya mulut kita terus mengunyah makanan atau cemilan tersebut sehingga dapat membuat perasaan mengantuk sendiri itu hilang.

3. Merokok atau Vaping (rokok elektric)
Hal ini biasanya dilakukan oleh pengendara sebagai salah satu pengendara untuk menghilangkan rasa Kantuk dan menghilang rasa bosan berkendara. Memang cara ini cukup membantu tetap bila kita melakukan hal tersebut kita sebagai pengedara juga harus memperhatikan saat kita merokok atau menghisap rokok elektrik kita juga harus memperhatikan sekitar kita agar tidak menggangu atau mengenai pengendara lain.

4. Bernyanyi sambil mendengarkan musik
Terkadang cara ini cukup berhasil, pengemudi biasanya menyalakan radio atau memutar lagu-lagu kesukaan. Dengan mengemudi sambil bernyanyi memang bisa menghilangkan rasa bosan yang lama-lama bisa membuat kita jenuh dan mengantuk. Tapi ingat kita cukup bernyanyi dan tangan tetap di kemudi stir. Tidak memegang alat apapun untuk berkaraoke ya.

Jika metode-metode tersebut anda sudah lakukan tetap rasa Kantuk menyerang, lebih baik segera menepi ke Tempat Istirahat terdekat untuk tidur dan beristirahat sejenak agara menghilangkan rasa Kantuk agar terhindar dari bahaya kecelakaan berlalu lintas.

 Sumber :tipsandtick.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan