Inilah Alasan Karburator Skep Lebih Diminati, Dibandingkan Karbu Vakum

Happy Otomotif - Pasti banyak yang bertanya, kenapa karburator yang menggunakan skep model konvensional lebih banyak dicari ketimbang karburator jenis vakum.

Padahal secara teknologi, karburator model vakum lebih modern ketimbang dari karburator skep konvensional.

Namun faktanya, bengkel upgrade performa ataupun harian lebih banyak cari karburator skep konvensional ketimbang karburator model vakum.

Apalagi buat motor yang kapasitas mesinnya sudah ditingkatkan lewat stroke up atau bore up. Seperti motor yang di gunakan di ajang balap Drag Race maupun Road Race. Banyak penggarap motor tersebut lebih memilih menggunakan karbu skep ini dibanding karbu vakum.

"Karburator model skep konvensional itu tarikannya lebih responsif ketimbang karburator vakum," ujar Benny Ilham, owner VB Motor, bengkel spesialis Yamaha Scorpio kepada Happy Otomotif.

Hal senada juga diutarakan oleh Tito Hendrawan, biker Yamaha Jupiter MX yang sudah bore up jadi 150 cc dan pakai karbu model vakum.

"Pakai karbu vakum tarikannya jadi kurang galak. Rencananya saya mau ganti pakai karburator Yamaha RX-King yang masih skep biasa," ujar pria yang akrab disapa Tito. Karburator vakum yang juga dikenal sebagai Constant Velocity (CV) ini berkerja sesuai dengan namanya.

Naik turunnya jarum skep  memanfaatkan kevakuman udara hasil isapan piston di dalam silinder.

"Ketika katup kupu-kupu terbuka, isapan juga makin deras. Saat itu terjadi kevakuman di ruang vakum di karburator sehingga karet vakumnya menyempit dan mengangkat piston skep ke atas," ujar pria yang akrab disapa Tito ini.

Cepat atau tidaknya gerakan jarum skep di karburator vakum dipengaruhi oleh karet vakum. "Makanya karet vakum sangat mempengaruhi responsif atau enggaknya tarikan motor," tambahnya. Berbeda dengan karburator yang model skep, naik turunnya jarum skep mengandalkan tali gas.

"Jadi feelnya juga langsung, enggak terpengaruh oleh karet vakum yang sering kali nyangkut atau bocor," pungkasnya. Sehingga itu menjadi salah satu alasan kenapa karbu yang menggunakan vakum jarang di minati.

Dewa757.com

Link Alternatif Dewa757 !!




Download Aplikasi Live Chat DEWA757 :

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Melalui :
Line csdewa757
Wechat dewa757cs
Whatsapp +85517337649

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan