5 Tips Aman Mengemudi Saat Melewati Lokasi Unjuk Rasa Demonstrasi

HappyOtomotif - Banyaknya tindakkan demonstrasi oleh masyarakat terutama di ibukota DKI Jakarta tentunya membuat beberapa sebagian orang mmenjadi lebih was-was atau lebih berhati-hati jika ingin berkendara yang melewati jalan tempat terjadianya titik kumpul para demonstrasi.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ikuti 5 tips aman berkendara saat sedang musim unjuk rasa.

Demonstrasi hari ini dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Mereka menuntut pencabutan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. Ribuan massa diperkirakan turun ke jalan dalam aksi demonstrasi ini.

Polisi sudah meminta warga dan pengguna jalan menghindari beberapa ruas jalan yang akan jadi lokasi demo, yang berpusat di sekitar area Istana Negara. Dilakukan juga pengalihan arus lalulintas untuk menghindari kemacetan.

Untuk menghindari macet dan terjebak dalam kondisi-kondisi tak menguntungkan, ada baiknya pengendara dan pengguna jalan mengikuti 5 tips berikut ini, seperti dikutip dari Auto2000.

1. Pantau Berita Online

Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum melakukan perjalanan cari tahu dulu kondisi jalan yang akan dilewati.

Pengendara diharapkan selalu memantau perkembangan berita tentang situasi demo hari ini. Anda juga bisa meng-update informasi kondisi jalan melalui website berita online yang kredibel.

Cara itu bisa membuat Anda menghindari dan mencari alternatif jalan lain yang aman. Dalam perjalanan, tetap pantau situasi dan kondisi terkini lewat radio atau media sosial sebagai langkah antisipasi jika ada perubahan situasi.

2. Manfaatkan Peta Digital

Gunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute perjalanan paling baik. Tapi sebelumnya pelajari dulu rute yang ditawarkan. Pertimbangkan pula alternatif rute lain untuk menjaga segala kemungkinan. Saat di jalan, pantau terus peta digital. Anda harus mencari rute alternatif bila warna jalan yang akan dilalui berwarna merah pekat yang berarti macet parah.

3. Persiapkan Diri dan Mobil

Persiapan diri bisa dimulai dari menyiapkan makanan dan minuman sebagai antisipasi terjebak macet parah. Gunakan pakaian sewajarnya yang memudahkan untuk beraktivitas dan jangan membawa barang berharga berlebihan. Gunakan masker dan bawa handsanitizer sesuai protocol COVID.

Untuk kendaraan, pastikan bahan bakar terisi penuh dan tekanan angin ban normal sehingga tidak perlu was-was di jalan. Cek cairan kendaraan seperti oli dan minyak rem untuk meminimalkan potensi masalah. Meskipun sepele, biasakan untuk pergi ke toilet sebelum mengemudi.

4. Kendalikan Emosi

Sebenarnya tanpa perlu ada aksi unjuk rasa/demo sekalipun, sebagai pengemudi harus menjaga emosi agar dapat mengemudi dengan tenang dan nyaman. Saat mencari jalan alternatif, Anda bisa terkena macet lantaran pengguna mobil lain juga mengambil rute yang sama. Oleh sebab itu, tetap jaga emosi, fokus dan waspada pada situasi yang ada.

5. Bersikap Tenang Saat Terjebak Aksi Unjuk Rasa/Demo

Saat ada unjuk rasa, bisa jadi Anda akan bertemu massa aksi. Jangan lupa tutup seluruh kaca, pastikan semua pintu terkunci, dan letakkan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar. Tidak perlu terpancing emosi bila ada yang melakukan tindakan tidak baik.

Share lokasi ke keluarga atau teman sehingga mereka bisa memantau dan membantu jika terjadi sesuatu yang berbahaya. Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat Anda lengah dan memancing orang untuk melakukan kejahatan.

BANDAR IDN PLAY TERBAIK SE INDONESIA


Buat Kalian Yang Juga Suka Permainan Kartu Online Berhadiah Jutaan Rupiah Bisa Bergabung Juga Loh di DEWA757 IDN PLAY

- Dengan Dengan Minimal Depo 25,000 , Anda bisa menikmati 9 Permainan dalam 1 Web Yaitu : Poker Online | Ceme Online | Ceme Keliling | Domino99 | Capsa Susun | Live Poker | Samgong Online | Black Jack | Super Bull - Rasakan Sensasi Menjadi Bandar, Dan Dapatkan Jackpot Hingga 60,000,000 Rupiah - Dewa757.org - Bonus Rakeback 0,3% | Bonus Refferal 20% - 7 Support Bank : - BCA | BNI | BRI | MANDIRI | CIMB NIAGA | PERMATA | DANAMON - - GEBYAR HADIAH BULANAN DEWA757 Mari bergabung dalam perlombaan Turnamen dan dapatkan hadiah hingga puluhan juta rupiah !

Contact :
Line : CSDEWA757
WA : +855 1733 7649

LINK ALTERNATIF :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Penggunaan Dongkrak Mobil Agar Tidak Ambles

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof di Mobil

Bahayanya Menyalip Kendaraan Di Tikungan