Tips Wajib Diingat Mengendarai Mobil Matik

HappyOtomotif - Mengendarai mobil matik memang bisa dikatakan lebih mudah untuk dikendarai dibandingkan mobil bertransmisi manual atau menggunakan kopling. Namun ada beberapa hal yang tetap wajib diingat saat mengendarai mobil otomatis atau matik.

Mobil bertransmisi otomatis (matik) menawarkan kemudahan dalam hal pengoperasian. Meski begitu, bagi pemula yang baru belajar mengendarai mobil matik, tetap perlu mendapatkan pemahaman seputar cara kerja sistem transimisi ini. 

Sebab cukup banyak kasus kecelakaan yang terjadi lantaran pengemudinya tidak begitu paham dan tidak terbiasa dengan mobil matik.

Dilansir dari laman Nissan, ada 4 tips mengendarai mobil matik untuk pemula. Apa saja?

1. Ingat posisi dan kode tuas persneling

Berbeda dengan mobil manual yang penuh angka, mobil matik menggunakan kode sebagai berikut:

P (Parking): mobil dalam kondisi parkir.

R (Reverse): mobil berjalan mundur.

N (Neutral): tanpa gigi.

D (Drive): mobil berjalan ke depan.

Anda harus mempelajari kode tersebut dengan seksama. Tapi perlu diingat, bisa jadi Anda menemukan tambahan kode 1, 2, dan 3 selain yang ada di atas. Tambahan ini digunakan untuk kondisi spesial seperti jalanan menanjak atau membutuhkan kecepatan yang lebih dari akselerasi biasa.

Transmisi mobil otomatis Hyundai yang menggunakan shiftronicTransmisi mobil otomatis Foto: Hyundai

2. Dimulai dari P atau N

Biasakan mulai mengendarai mobil matik dari posisi P atau N untuk mencegah tumbukan akibat mobil yang bergerak tiba-tiba. Jangan lupa, biasakan juga menginjak rem sebelum memindahkan tuas persneling ke posisi 'D'.

Kebiasaan ini penting untuk dilakukan demi menghindari tumbukan akibat mobil melaju secara tiba-tiba.saat di-start. Cek persneling bila mobil tidak mau dinyalakan, karena beberapa tipe mobil tidak bisa dinyalakan bila persneling tidak di posisi ini.

3. Bebaskan kaki kiri

Bebaskan kaki kiri Anda, jangan gunakan untuk menginjak rem. Feeling atau rasa saat menginjak dengan kaki kiri dan kaki kanan sangatlah berbeda. Kaki kiri yang terbiasa injak kopling sedalam-dalamnya, tentu berbeda dengan kaki kanan yang terbiasa menginjak rem seperlunya.

4. Buang persepsi rem sama dengan kopling

Bagi beberapa orang memiliki persepsi yang biasanya menganggap rem sebagai kopling. Jadi rem diinjak pelan-pelan ketika menginjak gas. Kebiasaan yang salah ini dipastikan akan mempercepat kerusakan girboks.

BANDAR IDN PLAY TERBAIK SE INDONESIA


Buat Kalian Yang Juga Suka Permainan Kartu Online Berhadiah Jutaan Rupiah Bisa Bergabung Juga Loh di DEWA757 IDN PLAY

- Dengan Dengan Minimal Depo 25,000 , Anda bisa menikmati 9 Permainan dalam 1 Web Yaitu : Poker Online | Ceme Online | Ceme Keliling | Domino99 | Capsa Susun | Live Poker | Samgong Online | Black Jack | Super Bull - Rasakan Sensasi Menjadi Bandar, Dan Dapatkan Jackpot Hingga 60,000,000 Rupiah - Dewa757.org - Bonus Rakeback 0,3% | Bonus Refferal 20% - 7 Support Bank : - BCA | BNI | BRI | MANDIRI | CIMB NIAGA | PERMATA | DANAMON - - GEBYAR HADIAH BULANAN DEWA757 Mari bergabung dalam perlombaan Turnamen dan dapatkan hadiah hingga puluhan juta rupiah !

Contact :
Line : CSDEWA757
WA : +855 1733 7649

LINK ALTERNATIF :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Patuhi Larangan Masuk Tol Untuk Pemotor

Daftar Ban Motor di Pasar Indonesia

Baru Ganti Kampas Rem Kok Gak Pakem? Ternyata Ini Sebabnya